LAPORAN KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI
MENGIKUTI
DIKLAT MGMP PAI SMP TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Nama
|
:
|
Aris
Dwi Purnomo, M.Si
|
NIP
/ Karpeg
|
:
|
19730101
200501 1 001 / M.136732
|
Pangkat
/ Golongan / Ruang
|
:
|
Penata
Tk. I /IIId
|
TMT
|
:
|
01
April 2014
|
NUPTK
/ NRG
|
:
|
0433751652200102
/ 131272213111
|
Tempat
Tugas
|
:
|
SMPN
1 Todanan
|
Alamat
Tempat Tugas
|
:
|
Jl.
Raya Todanan – Ngumbul Km.5 Kec. Todanan Kab. Blora
|
Jabatan
|
:
|
Guru
Mata Pelajaran PAI
|
Tanggal
Mulai Bekerja
|
:
|
01
Januari 2005
|
Todanan, 11 November 2014
|
|
Mengetahui
Kepala SMP N 1 Todanan
|
Guru PAI
|
Suparno, S.Pd
NIP 19660123 199103 1 004
|
Aris Dwi Purnomo, M.Si.
NIP. 19730101 200501 1 001
|
LAPORAN
PELAKSANAAN KEGIATAN
MENGIKUTI DIKLAT MGMP PAI SMP TAHUN
PELAJARAN 2014/2015
I.
LATAR BELAKANG
Guru sebagai tenaga profesional
mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat penting dalam mencapai visi
pendidikan yaitu menciptakan insan Indonesia cerdas dan kompetitif. Oleh karena
itu, profesi guru harus dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat
sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru
dan Dosen.
Konsekuensi dari jabatan guru sebagai
profesi, tidak cukup bila guru hanya melakukan tugasnya mengajar, membimbing
dan mendidik para siswanya, melainkan harus selalu mengembangkan profesinya
tersebut. Pengembangan terhadap profesi guru tersebut hendaklah dilaksanakan
secaraterprogram dan berkelanjutan, melalui kegiatan Pengembangan keprofesian
berkelanjutan (PKB) yang memang merupakan salah satu kegiatan yang dirancang
untuk mewujudkan terbentuknya guru yang profesional. Salah satu jenis kegiatan
PKB adalah Pengembangan Diri.
Kegiatan Pengembangan Diri tersebut
dapat dilakukan melalui dua jenis kegiatan, yaitu: (1) Mengikuti kegiatan
pendidikan dan pelatihan (diklat) fungsional dan/atau (2) Mengikuti kegiatan
kolektif guru. Menyadari akan berbagai kekurangan yang ada penulis, maka untuk
meningkatkan profesionalisme yang penulis rasakan masih kurang, selama tahun
2014 / 2015 ini penulis telah ditugaskan oleh Kepala Sekolah untuk
mengikuti kegiatan pengembangan diri.
Kegiatan yang penulis ikuti berupa MGMP PAI SMPN/S kabupaten Blora.
II. TUJUAN KEGIATAN
Kegiatan
MGMP PAI SMPN/S kabupaten Blora memiliki tujuan sebagai berikut:
1. Untuk mengenalkan
kebijakan Kemendiknas dan Kemenag bidang PAIS kepada para guru PAIS.
2. Untuk Mengenalkan
kurikulum 2013 sebagai pengganti KTSP.
3. Supaya para guru
PAIS dapat menyusun RPP kurikulum 2013 termasuk dalam menentukan metode,
pendekatan dan alat peraga/media pembelajaran.
III. PELAKSANAAN
KEGIATAN
Kegiatan MGMP PAI SMPN/S kabupaten Blora dilaksanakan dengan ketentuan:
1. Peserta :
Guru PAI SMP N/S se-kabupaten Blora
2. Jadwal
Pelaksanaan : 22 September
s/d 3 November 2014
3. Jumlah hari : 6 hari
4. Tempat : SMP N 1 Blora
5. Penyelenggara : MGMP PAI Kab. Blora
6. Jumlah Jam
Pelajaran : 34 Jam pelajaran
IV.
PROGRAM PEMBELAJARAN
Program pembelajaran Kegiatan MGMP PAI SMPN/S kabupaten Blora terdiri
dari:
A. Materi:
Materi Kegiatan MGMP PAI SMPN/S
kabupaten Blora terdiri dari:
1. Kebijakan
Kemendiknas bidang PAIS
2. Kebijakan
Kemenag bidang PAIS
3. Sosialisasi
Kurikulum 2013
4. Penyususan RPP
Kurikulum 2013
5. Metode dan Model
Pembelajaran Kurikulum 2013
6. Memilih Alat
peraga dan Media Pembelajaran
7. Pembukaan dan
Penutupan MGMP PAI SMP tahun 2014
8. Program Tindak
Lanjut
B. Penyaji:
Kegiatan MGMP PAI SMPN/S kabupaten
Blora diisi oleh para penyaji berikut:
1. Drs. Sunaryo,
M.Pd
2. Imron, S.Ag.,
M.Si
3. Ainur Rofiq,
M.Pd.I
4. Nur Yahya,
M.Pd.I
5. Bagus K, S.Pd.I
6. Ach. Zaini,
M.Pd.I
7. Muharnik, M.Pd.I
V.
HASIL PENDIDIKAN DAN LATIHAN
Setelah penulis
mengikuti pendidikan dan latihan hasil yang diperoleh adalah:
1.
Guru dapat mengetahui
kebijakan kemendiknas dan kemenag tentang PAIS.
2.
Guru dapat menyusun RPP
kurikulum 2013
3.
Pembelajaran dengan kurikulum 2013 berjalan dengan baik.
4.
Guru dapat memilih metode,
pendekatan dan memanfaatkan alat peraga/media pembelajaran berupa ICT.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar